Sains sehari-hari : Bagaimana Kita Bergerak?

Pernahkah kalian melihat katak melompat, nyamuk terbang dan seorang anak berlari? Salah satu ciri mahluk hidup adalah bergerak. Manusia sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak. Gerak pada manusia dan hewan berbeda dengan gerak pada tumbuhan. Jika manusia dan hewan dapat melakukan gerak yang aktif dan dapat berpindah tempat, tumbuhan tidak dapat melakukannya. Untuk gerak pada tumbuhan kalian dapat membaca kembali materi gerak pada tumbuhan di sini.

Nah, bagaimana manusia bergerak? Manusia dapat bergerak karena memiliki sistem otot, rangka dan syaraf. Otot, rangka dan syaraf bekerja bersama-sama sehingga kita dapat bergerak. Tulang-tulang manusia dihubungkan oleh serabut otot pada sendi-sendi yang dapat bergerak. Semua gerakan tubuh merupakan kontraksi dari otot-otot. Ketika otot berkontraksi, maka otot akan menjadi keras dan memendek sehingga tulang yang dihubungkan oleh otot yang berkontraksi tersebut akan bergerak.

Untuk lebih jelasnya perhatikan animasi berikut ini!!

Otot berkontraksi (memendek) dan relaksasi (mengendur) atas perintah dari otak dan biasanya kita sadari. Namun, ada juga otot yang bergerak tanpa kita sadari atau tanpa kita pikirkan. Misalnya otot jantung dan otot alat pencernaan makanan kita yang bekerja secara terus menerus tanpa kita sadari. Nah, sekarang jadi tahu kan bagaimana kita bergerak? Sampai ketemu di Ensiklopedi sains sehari-hari selanjutnya.

5 Comments

Filed under Tulisanku

5 Responses to Sains sehari-hari : Bagaimana Kita Bergerak?

  1. Nice to visit here.. thanks for sharing…salam kenal..keep on posting fresh article

  2. kalau kita membengkokkan punggung ke kiri/ kanan lalu terdengar bunyi krek krek itu kenapa bu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>