Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012

Ujian Nasional (UN) terlepas dari kontroversinya selama ini, merupakan peristiwa yang sangat luar biasa bagi siswa pendidikan dasar (SMP/MTs) dan menengah(SMA/SMK/MA). Mereka harus melewati UN sebelum benar-benar dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah dalam menempuh pendidikan selama 3 tahun. Tidak hanya siswa saja yang menganggap bahwa UN merupakan peristiwa luarbiasa, guru mata pelajaran yang diujinasionalkan juga merasakan hal yang sama.

Berbagai persiapan dilakukan oleh sekolah dalam menyambut UN mulai dari menyusun program sukses UN tingkat sekolah sampai bedah SKL melalui musyawarah guru mata pelajaran tingkat kabupaten. Semua persiapan menyambut UN tidak hanya melibatkan siswa kelas 9 dan guru kelas 9 mata pelajaran yang diujinasionalkan, tetapi seluruh warga sekolah turut terlibat di dalamnya terutama dalam hal mengkondisikan suasana sekolah yang nyaman, dinamis dan penuh semangat  sehingga siswa benar-benar siap dalam menghadapi UN.

Saat ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012.  Jika dibandingkan dengan UN tahun lalu, untuk SMP kisi-kisi UN sudah murni menggunakan materi KTSP, tidak lagi irisan. Adapun Kisi-kisi UN mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP adalah sebagai berikut :

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR

1.

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

2.

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

3.

Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

4.

Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

5.

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.

6.

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.

7

Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.

8.

Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.

9.

Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.

10.

Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.

11.

Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.

12.

Menjelaskan sistem organ pada manusia. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.

13.

Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.

14.

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

Jika mencermati kisi-kisi di atas, UN tahun ini terdapat materi kimia dasar seperti yang tertuang dalam KTSP sedangkan UN tahun lalu materi kimia tidak ada serta gambaran indikator yang lebih luas cakupan materinya dibandingkan indikator tahun lalu.  Semoga perubahan kisi-kisi UN tahun ini tidak mengurangi semangat siswa-siswa kita dalam menghadapi UN.

Untuk memperoleh informasi  mengenai Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012  secara lengkap dapat dilihat di sini.

sumber : http://bsnp-indonesia.org

25 Comments

Filed under Tulisanku

25 Responses to Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2011/2012

  1. wah jadi ingat masa-masa sekolah :d

  2. wah,,,post yang sangat berguna nie…apalagi sekarang sudah mau mulai ujian nasional…nice share

  3. wah, saya malah baru tahu kalau bsnp sudah memublikasikan kisi2 UN 2012. matur nuwun, bu. langsung donload nih.

  4. Wah ternyata dari internet bisa dapat informasi kisi-kisi juga, sayangnya ketika saya masih SMP belum mengenal internet, kalau tahu begini kan bisa lebih mudah belajarnya… :)

  5. dulu yang ditunggu2 waktu masih sekolah nih..

  6. baca ini bikin saya bersyukur udah lulus… oh.. thanks god.. :D

  7. balik lagi.. menyapa ibu guru.. :)

  8. Aktif…sekali nulis Bu….Aktual lagi.!!! Great Bu Suka….

  9. albert einstein menolak ketika di tanya ‘berapa kecepatan suara’.. katanya; “saya tidak menjawab soal yang sudah ada di buku, silahkan anda cari buku tersebut utk mengetahui jawabnya, saya sedang mencari kecepatan cahaya.”

  10. Berbeda dengan tahun yang lalu maka pada ujian nasional tahun ini terdapat 6 mata pelajaran yang diujikan.

  11. Segera disosialisasikan pada anak didiknya bu…biar dapat fokus dalam belajarnya…ini info yang ditunggu-tunggu siswa pastinya.

  12. Untuk sahabat yang telah menemani saya bermain dan belajar sejak paruh kedua SD hingga awal SMA, saya ucapkan terima kasih yang tulus.

  13. sodik wawan

    thanks and good luck

  14. Postingan semacam ini pastinya akan sangat membantu anak2 kita yang menempuh ujian nasional..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>