Ada Apa di Awal Tahun Ajaran Baru?

Lebih baik terlambat daripada tidak. Istilah itu sangat cocok dengan tulisan yang saya posting sekarang ini.  Harusnya tulisan ini saya posting sebelum ajaran baru dimulai, namun baru kali ini sempat saya posting. Bukan karena kesibukan _takut dikatakan sok sibuk.. hehehe_ melainkan karena saat ini saya sedang memiliki gairah untuk posting.

Hari ini, tanggal 16 Juli 2012 tahun ajaran baru 2012-2013 di Kabupaten Kendal mulai dilaksanakan baik dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Kegiatan awal tahun pelajaran baru selalu diawali dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa baru. MOS bagi siswa baru bertujuan untuk mengenalkan pola pembelajaran di sekolah, lingkungan sekolah serta penanaman pendidikan karakter sebagai pengetahuan awal siswa sebelum benar-benar mengikuti kegiatan pembelajaran efektif di sekolah.

MOS sejatinya harus bisa menjembatani siswa untuk benar-benar mengenal karakteristik sekolah baru yang dimasukinya. Pemahaman kembali bagi siswa untuk mengenal tipe-tipe belajar masing-masing dan strategi belajar yang dapat dilakukan berdasarkan tipe belajar siswa yang bersangkutan juga sangat penting untuk disampaikan.  Berdasarkan hal tersebut, kegiatan MOS dapat diisi dengan materi wawasan wiyatamandala, pengenalan sumber belajar, pengenalan tipe-tipe belajar dan strategi belajar, tehnik membaca dan berhitung cepat, wawasan kebangsaan, pengembangan potensi diri serta tata tertib sekolah. Dengan demikian, siswa baru akan dijauhkan dari perasaan takut, was-was dan khawatir saat memasuki sekolah yang berbeda dengan sekolah jenjang sebelumnya serta mempunyai bekal yang sangat memadai untuk  belajar di sekolah baru.

Selain kegiatan MOS, hal terpenting yang perlu dipersiapkan pada awal tahun ajaran baru bagi siswa adalah mental siswa untuk kembali memasuki kegiatan pembelajaran di sekolah setelah libur akhir tahun yang cukup panjang. Biasanya anak-anak akan terkesan malas mengikuti kegiatan belajar karena masih terbawa suasana liburan. Untuk ini peran guru sangat penting untuk kembali membangkitkan semangat siswa untuk belajar.  Lakukan motivasi di dalam kelas untuk kembali membangkitkan semangat siswa setelah kegiatan awal seperti pencatatan jadwal pembelajaran dan pola demokrasi pembentukan pengurus kelas.

Bagi bapak/ibu guru, awal tahun ajaran baru juga disibukkan dengan penyusunan administrasi pembelajaran, mulai dari penyusunan prota, promes, silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran dan program penilaian. Selain itu guru juga harus menyiapkan teknik pengelolaan kelas yang baik serta pemilihan  model belajar yang akan diterapkan di dalam kelas untuk  meningkatkan efektifitas  dan kualitas kegiatan pembelajaran dan menyenangkan bagi siswa.

Kelihatannya tidak mudah, tetapi jika diniatkan dengan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, saya yakin kegiatan awal tahun ajaran baru akan memberikan semangat awal bagi kegiatan pembelajaran di sekolah pada tahap berikutnya. Selamat memasuki ajaran baru. Salam pendidikan!

9 Comments

Filed under Tulisanku

9 Responses to Ada Apa di Awal Tahun Ajaran Baru?

  1. Blog saya malah udah berbulan gak update, hiks…
    Salam kenal bu guru. Kunjungan perdana. Selamat menunaikan ibadah puasa.

  2. Selamat memasuki tahun ajaran baru bu, semoga ditahun ini anda makin diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mengajar..

  3. Agus

    Salam kenal bu. Bagus blognya nih bermanfaat banget. Mohon maaf mohon izin copas beberapa artikel ya. Makasih.

  4. di laksanakannya MOS memang harus,,tetapi jgn terlalu keras,apalagi kegiatan MOS tingkat SMP ..aduuuhh jgn smpe terjadi sesuatu yg tdk di inginkan…
    sebelumnya salam knl ya mba…. :)
    selamat menunaikan ibadah puasa.. :)

    • MOS sekarang lebih menekankan kegiatan pengenalan sekolah mbak, sudah tidak diijinkan lagi melakukan tindakan perpeloncoan.
      Salam kenal balik, dan selamat menunaikan ibadah puasa juga, terima kasih atas kunjungannya.. :)

  5. arianto

    trus berkarya bu guru….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>