Rahasia Dibalik Perubahan Wujud Zat

(Perubahan Fisika  Zat )

Pernahkah kalian memperhatikan embun yang terdapat pada daun-daun tumbuhan pada pagi hari? Dari mana asal embun tersebut? Atau pernahkah kalian memperhatikan kapur barus yang tiba-tiba menghilang saat diletakkan di tempat terbuka? Bagaimana itu  dapat terjadi? Kalian dapat menemukan jawabannya setelah mempelajari materi perubahan wujud zat berikut ini. Disimak ya!

Seperti kalian ketahui, ada tiga wujud zat, yaitu zat padat, zat cair dan zat gas. Untuk  mengetahui ciri masing-masing wujud zat tersebut dapat kalian simak kembali materinya di siniPada kondisi tertentu umumnya zat hanya berupa satu wujud saja, tetapi semua wujud zat tersebut sebetulnya dapat mengalami perubahan dari wujud satu ke wujud yang lainnya. Misalnya, saat kamu meletakkan sebongkah es batu di wadah yang terkena cahaya matahari langsung. Es batu tersebut akan mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair.

Apa sajakah perubahan wujud zat yang dapat terjadi? Sedikitnya ada enam perubahan wujud zat yang dapat terjadi, yaitu membeku, mencair, menguap, mengembun, menyublim, dan menghablur.

1. Membeku

Membeku merupakan perubahan wujud zat dari cair menjadi padat.

Contohnya pada pembentukan es batu dari air, lilin cair yang didinginkan.

2. Melebur/Meleleh

Merupakan perubahan wujud zat dari padat menjad cair.

Contohnya : es batu yang mencair, atau mentega yang meleleh saat dipanaskan di atas penggorengan, lilin yang meleleh saat dipanaskan, agar-agar padat yang dipanaskan.

3. Menguap

Merupakan perubahan wujud zat dari cair menjadi gas.

Contohnya air yang dipanaskan secara terus menerus lama-lama akan habis karena menguap, bensin dan spirtus yang dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan berubah menjadi gas.

4. Mengembun

Merupakan perubahan wujud zat dari gas menjadi cair.

Contohnya terbentuknya embun dipagi hari karena uap udara pagi yang berubah menjadi air, basahnya dinding gelas yang di dalamnya terdapat es batu.

5. Menyublim

Merupakan perubahan wujud zat dari padat menjadi gas.

Contohnya kapur barus (kamfer) yang diletakkan di tempat terbuka lama-lama akan habis karena berubah menjadi gas.

6. Menghablur/mengkristal

Merupakan perubahan wujud zat dari gas menjadi padat.

Contohnya peristiwa perubahan uap menjadi salju.

Apa rahasia terjadinya perubahan wujud zat tersebut?

Perubahan wujud zat  sebenarnya terjadi karena adanya pengaruh energi  panas (kalor).  Ketika suatu zat/benda melepaskan atau menerima kalor maka ia akan mengalami perubahan wujud.

Saat zat  padat menerima kalor/panas maka ia akan berubah wujud menjadi cair  (mencair) atau gas (menyublim). Jika zat cair menerima kalor maka ia akan berubah wujud menjadi gas (menguap).  Itulah sebabnya mengapa kapur barus yang diletakkan di tempat terbuka lama-lama akan habis karena berubah menjadi gas. Dengan demikian peristiwa perubahan wujud zat mencair, menyublim dan menguap membutuhkan kalor.

Sebaliknya, ketika zat melepaskan  kalor (mengalami pendinginan) maka zat cair akan berubah wujud menjadi padat (membeku) dan  zat gas akan berubah menjadi zat cair (mengembun). Itulah sebabnya mengapa pada pagi hari terdapat embun yang merupakan perubahan wujud dari uap air di udara menjadi air karena suhu udara yang dingin saat malam hari. Dengan demikian perubahan wujud zat membeku dan mengembun terjadi akibat pelepasan kalor.

 

24 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

24 Responses to Rahasia Dibalik Perubahan Wujud Zat

  1. jd ingat plajaran Fisika dulu..:)

  2. Kalau penyulingan termasuk apa bu….! Matur nuwun

  3. kaisar zizou

    bak ad yg mau saya tanya kn..

  4. Semakin bertambah ilmu pengetahuan saya setiap mampir di blog ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  5. Makasih Bu Saya Beruntung Masuk Ke Blog ini Sangat Berguna Untuk saya yang masih kelas 7 ^^

  6. Muhammad Akbar Gumilang

    Bu saya mau tanya kenapa sih gas termasuk wujud zat ?
    ditunggu jawabannya secepatnya terima kasih -AKBAR- KLS 7 SMP

  7. kenapa kapur barus didiamkan di udara terbuka bisa langsung menjadi gas tanpa mencair dulu,? sedangkan es didiamkan di udara terbuka jadi cair dulu baru menjadi gas?

  8. suras diani

    mbak contohin donk lg 2 perubahan menyublim and mengkristalnya

  9. apa yang di maksud evaporasi ?? tolong yahh kasih tau ,, ! :)

    terimakasih

  10. kais

    menarik :)

    berarti untuk menuju fase yg rapat partikelnya lebih tinggi zat akan melepas kalor. sebaliknya untuk menuju fase yang rapat partikelnya lebih rendah zat memerlukan kalor. bukan begitu bu?

  11. jadi Kalau gas walaupun gasnya terbentuk dari apa, bisa dirubah ke bentuk cair kalau suhunya dirubah?

  12. kalo kapur barus yg menguap itu perubahan fisika, berarti bisa kembali lg?(reversible) bisakah balik lg jd kapur barus?

  13. Andini

    ciri ciri perubahan wujud zat apa?

  14. Tiga Dua

    Bu tolong dijelaskan lebih mendetail tentang jarak antar atom yang berubah karena perubahan panas dan apakah batu bisa menguap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>