Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah alat sederhana yang dipergunakan untuk mempermudah manusia melakukan usaha.
Pesawat sederhana berdasarkan prinsip kerjanya dibedakan menjadi : tuas/pengungkit, bidang miring, katrol dan roda berporos/roda bergandar. Pesawat sederhana mempunyai keuntungan mekanik yang didapatkan dari perbandingan antara gaya beban dengan gaya kuasa sehingga memperingan kerja manusia. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu.

a. Tuas/Pengungkit
Tuas/pengungkit berfungsi untuk mengungkit, mencabut atau mengangkat benda yang berat.
Bagian-bagian pengungkit:

A = titik kuasa
T = titik tumpu
B = titik beban
F = gaya kuasa (N)
w = gaya beban (N)
lk = lengan kuasa (m)
lb = lengan beban (m)

Jenis-jenis tuas:
1) Tuas Jenis pertama

Yaitu tuas dengan titik tumpu berada diantara titik beban dan titik kuasa.
Photobucket
Contoh : pemotong kuku, gunting, penjepit jemuran, tang

2) Tuas Jenis kedua
Yaitu tuas dengan titik beban berada diantara titik tumpu dan titik kuasa.
Photobucket
Contoh : gerobak beroda satu, alat pemotong kertas, dan alat pemecah kemiri, pembuka tutup botol. i

3) Tuas Jenis ketiga
Yaitu tuas dengan titik kuasa berada diantara titik tumpu dan titik beban.
Photobucket
Contoh :sekop yang biasa digunakan untuk memindahkan pasir.

Keuntungan Mekanik Tuas
Keuntungan mekanik pada tuas adalah perbandingan antara gaya beban (w) dengan gaya kuasa (F), dapat dituliskan sebagai :
KM = w/F atau KM = lk/lb
Keuntungan mekanik pada tuas bergantung pada masing-masing lengan. Semakin panjang lengan kuasanya, maka keuntungan mekaniknya akan semakin besar.

b. Bidang Miring
Bidang miring merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan benda dengan lintasan yang miring.

Bagian-bagian bidang miring:

Photobucket

Prinsip Kerja Bidang Miring

Photobucket

Keuntungan mekanik bidang miring
Keuntungan mekanik bidang miring bergantung pada panjang landasan bidang miring dan tingginya. Semakin kecil sudut kemiringan bidang, semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dilakukan.
Keuntungan mekanik bidang miring dirumuskan dengan perbandingan antara panjang (l) dan tinggi bidang miring (h).
KM = l/h

Pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada tangga dan jalan di daerah pegunungan.

c. Katrol
Katrol merupakan roda yang berputar pada porosnya. Biasanya pada katrol juga terdapat tali atau rantai sebagai penghubungnya. Berdasarkan cara kerjanya, katrol merupakan jenis pengungkit karena memiliki titik tumpu, kuasa, dan beban. Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.
1) Katrol tetap
Photobucket
Katrol tetap merupakan katrol yang posisinya tidak berpindah pada saat digunakan. Katrol jenis ini biasanya dipasang pada tempat tertentu.
Contoh : katrol yang digunakan pada tiang bendera dan sumur timba

Keuntungan mekanik
Pada katrol tetap, panjang lengan kuasa sama dengan lengan beban sehingga keuntungan mekanik pada katrol tetap adalah 1, artinya besar gaya kuasa sama dengan gaya beban.

2) Katrol bebas
katrol  tunggal bebas
Berbeda dengan katrol tetap, pada katrol bebas kedudukan atau posisi katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol jenis ini biasanya ditempatkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah. Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Jika ujung yang lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Katrol jenis ini bisa kita temukan pada alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan.

Keuntungan mekanik
Pada katrol bebas, panjang lengan kuasa sama dengan dua kali panjang lengan beban sehingga keuntungan mekanik pada katrol tetap adalah 2, artinya besar gaya kuasa sama dengan setengah dari gaya beban.

3) Katrol majemuk /takal
Photobucket
Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas.

Keuntungan mekanik
Keuntungan mekanik pada katrol majemuk adalah sejumlah tali yang digunakan untuk mengangkat beban.

d. Roda Berporos/roda bergandar
Photobucket
Roda berporos merupakan roda yang di dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama. Roda berporos merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang banyak ditemukan pada alat-alat seperti setir mobil, setir kapal, roda sepeda, roda kendaraan bermotor, dan gerinda.

Jika membutuhkan multimedianya bisa diunduh di kategori download.
Semoga bermanfaat… jangan lupa tulis komentar ya!

54 Comments

Filed under Kelas 8, Materi

54 Responses to Pesawat Sederhana

  1. yahya

    nggeh buuu.,.
    makasih pun mberi ilmu yang amat sangat bermanfaat bagi siswa

  2. memang ilmu yang bermanfaat, makasih ya bu! udah bantu tugas saya
    by : reko
    5 grade

  3. alitaGiTu

    bu, ada yg krg nihh… :)
    jelalsin dunk tentang rumus2 cari berat beban dari jrak t’tentu…
    1 lagi, sya mw ty,, katrol majemuk yg bisa bw beban lbih ringan di antara 2 katrol bebas&tetap dengan posisi datar dan 2 katrol bebas&tetap dengan posisi miring??? di bales dunk bu krn bwt lomba olimpiade IPA kbpten hri selasa..thanks before

  4. webnya mantap….cocok buat siswa yang tidak punya catatan….
    ijin bookmark ya bu

  5. Tambah terus materinya ya bu……terimakasih ilmunya.
    siswa2 kami sering saya minta mbuka Web ini…..
    tks

  6. saya nyari jawaban sampai nyasar kesini

  7. kompas itu gunanya apa ya

  8. yosi andrian

    terimakasih ya bu dah beri aq ilmu,,,
    cz aku bingung ngerjainnya, sampai aq ke blog ini,,,

  9. ayla

    thx’s ya
    tulisannya sangat membantu

  10. semuanya klas berapa maksud kakak ini kas 5.6,7,8,9 / lebih dari itu

  11. ana

    thanks atas artikelnya,,,cukup membantu

  12. kurnia

    maaf tapi ada rumus pesawat sederhananya???

  13. kurnia

    sm d ksh pnjlsn rumus sy ag pusing

  14. Tanya bu..

    Bu apa aja keuntungan pesawat sederhana??
    Mohon di jawab ya??
    Ada tugas nie..:D

    • Secara garis besar keuntungan pesawat sederhana adalah untuk membantu meringankan pekerjaan manusia, seperti yang ditunjukkan pada alat2 yang bekerja menggunakan prinsip pesawat sederhana misalnya tangga, pisau, jalan berkelok di pegunungan yang menggunakan prinsip bidang miring, kemudian gunting, pemotong kuku, gerobak yang menggunakan prinsip tuas/pengungkit dan lain2.

  15. Latifah

    asikkkk bngt, jdi tmbh mudheeeenngg (y)

  16. Dinda Oktaviantri

    Mksii iia bu, artikel nich sngat bermanfaat bwt saya, mksii buanget bu !!

  17. Alhamdulillah karena adanya Artikel Ini Kerjaan Rumah Saya Selesai :)
    Terima Kasih Ya Buk :)

  18. lila fajariyana

    bu.. contoh dari katrol bebas dan katrol majemuk apa? cara menggunakan katrol bebas gimana?

  19. rolan lolok

    apa sih pengertian dari pesawat sederhana?

    apa sih hebatnya pesawat sederhana?

  20. Asyiiik akhirnya ketemu juga jawabannya, yaitu C. Gunting

  21. Mhyla Physics

    makasih bgt….
    sgt mmbantu sy..

  22. Bagus banget bu seluruh artikel disitus ini. Saya juga sering menulis tema sains di situs saya http://www.zakapedia.com , salam kenal bu…

  23. kurang lengkap contohnya coy! sorry aku jadi gk bs copast buat pr nieh jiah

  24. rian

    terimakish atas materinya..
    mngkin jika ada video pembelajaranya lebih menarik lagi.. :)

  25. ienna

    iBu.. sy BinGung..
    msih Klas 3 SD
    dPet PR bgini :
    Bagaimana Prinsip keRja Pengungkit, bidang miring dan Katrol?
    berikan 2 contoh!
    tlong d jawab ya bu..

  26. ienna

    iBu.. sy BinGung..
    msih Klas 3 SD
    daPet PR bgini :
    Bagaimana Prinsip keRja Pengungkit, bidang miring dan Katrol?
    berikan 2 contoh!
    tlong d jawab ya bu..

  27. Kristin

    contoh tuas ke 3 apa saja sih…

  28. Siskafebrian

    Gak terlalu lengkap.

  29. CACA

    KERENNN BANGET…DISURUH PRESENTASI TENTANG PESAWAT SEDERHANA…RUPANYA DAPET BLOG INI….PADAHAL SAYA INI MASI KELAS 5. -_-

  30. lululu

    bu kalo ngitung KM katrol majemuk kan suruh ngitung tali! ngitungnya dari mana?

    • sejumlah tali yang mengikat katrol dengan ketentuan jika ujung talinya ke arah atas dihitung sedangkan jika ujung tali ke arah bawah tidak dihitung.

  31. sadari sri herlina

    terima kasih ya buk buat informasinya…sangat membantu saya..
    GBU
    :)

  32. Makasih bu. Izin share buat adek les ku yaa

  33. terimaksih :-) sangat membantu … :-)

  34. Mantap sharenya. Kunjungi juga blog kami, ada banyak bahan yg bisa dijadikan referensi, thanks.

  35. Mutia Anggraini

    terima kasih banyak buu..
    artikelnya sangat bermanfaat.. :)
    tapi,sayang gak ada rumus dan latihan so’al nya :’(
    #gak apa2 deh yg penting bermanfa’at.. :D

  36. Sankyu bu . Lanjut terus

  37. Mau Tanya???

    terimakasih bu… sangat bermanfaat… lumayan dapet bocoran, izin bookmark..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>