Pemisahan Campuran Secara Filtrasi

Saat membuat kue ibu selalu menyaring tepung yang akan dibuat adonan sehingga tepung yang digunakan dalam adonan benar-benar tepung yang bersih dari campuran benda lain.  Begitu pula dengan pak tukang yang selalu menyaring pasir yang akan digunakan sebagai bahan adukan bersama dengan semen untuk melekatkan batu bata satu dengan lainnya.  Meski yang alat yang digunakan mereka berbeda, sebenarnya mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu memisahkan bahan yang mereka butuhkan dari benda lain yang tidak diinginkan. Nah, yang mereka lakukan itu disebut dengan pemisahan campuran menggunakan  tehnik penyaringan atau filtrasi.

Filtrasi adalah pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikelnya, yaitu metode pemisahan zat yang memiliki ukuran partikel yang berbeda dengan menggunakan alat berpori (penyaring/filter). Penyaring akan menahan zat yang ukuran partikelnya lebih besar dari pori saringan dan meneruskan pelarut. Hasil penyaringan disebut filtrat sedangkan sisa yang tertinggal dipenyaring disebut residu (ampas).

Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan ilustrasi gambar berikut!

Metode pemisahan campuran secara filtrasi dapat  dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya untuk membersihkan air dari sampah pada pengolahan air, menjernihkan preparat kimia di laboratorium, menghilangkan pirogen (pengotor) pada air suntik injeksi dan obat-obat injeksi, dan membersihkan sirup dari kotoran yang ada pada gula. Metode penyaringan ini juga banyak dikembangkan untuk penjernihan air (mengubah air kotor menjadi air bersih)  secara sederhana.

12 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

12 Responses to Pemisahan Campuran Secara Filtrasi

  1. gambar ilustrasinya bagus..membuat sendiri Bu?
    tentunya siswa akan lebih asyik dan paham bila diterangkan dengan model multimedia seperti ini

    • terimakasih atas apresiasinya pak, kebetulan saya sedang belajar mengembangkan multimedia pembelajaran juga, tetapi hanya utk materi2 yg tdk bisa/terbatas alat praktiknya. kalau ada alat praktik, saya biasakan anak utk belajar dg praktik langsung.

    • Sri Mulyani

      makasih mbak multimedianya mbak, saya pengin belajar buat multimedianya, boleh mbak saya minta bimbingannya, terimakasih

      • silakan Mbak, sekarang banyak grup facebook dan blog yg menyediakan tutorial belajar membuat multimedia. Bergabung di sana banyak manfaatnya bagi yang ingin belajar multimedia.

  2. Kholiq Alghi

    Bu,itu cara-cara Pemisahan Campuran nya yang mana ?

  3. Pingback: Science Labwork Report « anggita's blog

  4. Nita Lestari

    Asslmkm.. bolehkah saya bertanya disini?

  5. makasih y mas atas infonya jadi bisa tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>