Parasitisme Benalu pada Tanaman

dokumen pribadi

Pada saat menyampaikan materi interaksi mahluk hidup di kelas 7 beberapa waktu lalu, ada anak didik saya yang bertanya tentang benalu. Bukankah benalu memiliki zat hijau daun (klorofil), tetapi mengapa benalu bisa menjadi parasit pada tanaman? Mengapa benalu hidupnya menempel pada batang tanaman lain? Apakah benalu tidak dapat hidup dan tumbuh di tanah? Ternyata benalu menjadi pembahasan menarik pada diskusi kelas kami waktu itu. Apakah kalian juga ingin tahu jawabannya? Kita pelajari bersama yuk!

Benalu( Loranthus, suku Loranthaceae) adalah tumbuhan seukuran perdu yang hidup menempel pada batang (dahan) tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon yang besar terutama pada daerah tropis. Persebaran benalu melalui burung pemakan biji yang mengekskresikan biji benalu yang telah dimakannya. Buah benalu yang telah masak dimakan oleh burung kemudian bijinya yang bergetah akan dikeluarkan oleh burung bersama kotorannya dan menempel pada dahan tanaman. Jika tempatnya cocok untuk tumbuh, maka biji benalu akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Benalu tidak mempunyai organ akar yang sempurna sehingga tidak dapat tumbuh di tanah seperti tanaman pada umumnya. Benalu hanya dapat hidup menempel pada dahan tanaman lain (inang). Akar benalu berupa haustorium yang berbentuk bulat yang merupakan penghubung antara benalu dengan inangnya. Akar tersebut dapat menembus kulit batang/dahan tanaman.

www.mistle.co.uk/mishaustorium

Mengapa benalu menjadi parasit yang merugikan bagi tanaman inangnya? Benalu mempunyai zat hijau daun (klorofil) pada daunnya sehingga dapat melakukan fotosintesis. Akan tetapi benalu tidak dapat memperoleh air dan unsur hara sebagai bahan fotosintesis langsung dari tanah. Benalu mendapatkan air dan unsur hara dari pembuluh angkut dahan tanaman inangnya. Haustorium benalu akan menghisap air dan unsur hara tanaman inang kemudian digunakan untuk proses fotosintesis. Akibatnya dahan tanaman inang yang ditempeli benalu tersebut akan kekurangan air dan unsur hara untuk proses fotosintesisnya sehingga proses pembentukan makanan menjadi berkurang. Itulah sebabnya benalu menjadi parasit dan merugikan tanaman inangnya.

6 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

6 Responses to Parasitisme Benalu pada Tanaman

  1. Oh gitu to sebenarnya…jadi benalu itu nggak jahat ya….bahkan perlu dikasihani, kurang sempurnya untuk akarnya…sebenarnya benalu itu mutasi gen atau apa ya bu…kok kurang sempurna akarnya tadi?

  2. Secara umum benalu banyak dipahamio orang sebagai tanaman pengganggu, tapi rasanya saya pernah denger justru ada benalu tertentu yg berkasiat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Kalo ini bener, berarti ternyata benalu juga ada manfaatnya juga, atau gimana ya mbak…

  3. Pohon manggaku banyak juga benalu yang seperti gambar itu.

  4. Benalu memiliki sifat pemeras tumbuhan lain tapi berguna bagi sesama mahluk hidup. Lalu bagaimana cara memperlakukan benalu? Mau dimusnahkan atau justru diperihara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>