Mengenal Kerajaan Tumbuhan (Kingdom Plantae)

tumbuhan-edit.jpgKingdom plantae atau disebut juga kerajaan tumbuhan terdiri dari berbagai organisme dengan ciri-ciri eukariotik (mempunyai selaput membran inti), multiseluler (terdiri dari banyak sel), outotrof ( dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis).  Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum.

Dalam klasifikasi lima kingdom, berdasarkan ada tidaknya berkas pembuluh angkut, kerajaan tumbuhan dibagi menjadi tumbuhan tak berpembuluh angkut dan tumbuhan berpembuluh angkut.

1. Tumbuhan tak berpembuluh angkut (Avascular)

Pada tumbuhan Avascular hanya terdapat satu jenis golongan, yaitu  golongan lumut. Lumut mempunyai ciri-ciri : tidak memiliki jaringan pengangkut, tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati (talus), mengalami pergiliran keturunan (gametofit-sporofit), reproduksi seksual dan aseksual ( spora), habitat yang di tempat yang lembab, berukuran hidup kecil dan berkoloni.

Tumbuhan lumut terdiri dari 3 divisi, yaitu :

a) Divisi Bryophyta (lumut daun)

Lumut ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat yang basah atau lembap, menempel pada permukaan batu bata, tembok dan tempat-tempat terbuka. Tubuhnya berukuran kecil, berbatang semu tegak dan lembaran daunnya tersusun spiral. Pada pangkal batang terdapat rizoid yang bercabang dan bersepta berfungsi sebagai akar. Letak antheridium dan archegonium terpisah.

b) Divisi Hepatophyta (lumut hati)
Lumut hati berbentuk lembaran (talus), rizoidnya tidak bercabang terdapat di bawah tangkai atau lembarannya. Letak antheridium dan archegonium terpisah. Pada umumnya lumut hati mudah ditemukan pada tebing-tebing yang basah. Contoh lumut ini antara lain Ricciocarpus sp. dan Marchantia sp.

c) Divisi Anthocerophyta (lumut tanduk)

Lumut tanduk sering dijumpai hidup di tepi danau, sungai atau di sepanjang selokan. Lumut ini juga mengalami pergiliran keturunan antara generasi sporofit dan generasi gametofit. Generasi sporofitnya membentuk kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk. Contohnya Anthoceros sp

2. Tumbuhan berpembuluh angkut (Vascular)
Tumbuhan vascular dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tidak berbiji dan tumbuhan berbiji
a)  Tumbuhan tidak berbiji
Tumbuhan berpembuluh angkut dan tidak berbiji terdiri dari kelompok tumbuhan paku. Tumbuhan paku mempunyai ciri-ciri : memiliki jaringan pengangkut, dapat di bedakan akar, batang, dan daun sejati, alat reproduksi aseksual berupa spora, spora di hasilkan oleh sporofil (daun yang fertil/subur) dan mengalami metagenesis (pergiliran keturunan).
Tumbuhan paku terdiri dari 3 divisi, yaitu : Divisi Pterophyta, Divisi Lycophyta dan Divisi Sphenophyta.
b) Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Tumbuhan ini mempunyai pembuluh angkut berupa xilem (jaringan pengangkut yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari tanah melalui akar ke daun) dan floem (jaringan pengangkut yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis tanaman dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan).
Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, tumbuhan berbiji digolongkan menjadi dua golongan, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).
1) Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae)
Berkembang biak dengan biji. Biji tidak dilindungi jaringan buah. Struktur reproduksi terdapat pada kerucut (strobilus).
Tumbuhan berbiji terbuka yang hingga kini masih dapat ditemukan adalah divisi Coniferophyta (konifer), Cycadophyta (Sikas), Ginkgophyta (ginkgo), Gnetophyta (melinjo).
2) Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae)
Angiospermae memiliki bakal biji atau biji berada di dalam struktur yang tertutup yang disebut daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan majemuk yang disebut bunga. Pada umumnya tumbuhan berupa pohon, perdu, semak, liana, atau herba.
Angiospermae  ini terdiri atas dua kelas yaitu Monocotyledonae (monokotil) dan Dicotyledonae (dikotil).
2.1. Monocotyledonae (monokotil)
Terdiri dari semua tumbuhan berbunga yang memiliki kotiledon tunggal (berkeping biji tunggal), berakara serabut, batang bagian atas tidak bercabang. Umumnya berdaun tunggal, kecuali pada golongan palma (kelapa, palem) dengan tulang daun melengkung atau sejajar. Jaringan xilem dan floem pada batang dan akar tersusun tersebar dan tidak berkambium. Bunga memiliki bagian-bagian dengan kelipatan 3, bentuk tidak beraturan dan berwarna tidak menyolok.
Tumbuhan monokotil terdiri dari beberapa suku, yaitu Gramineae (rumput-rumputan), suku palmae (palem), suku orchidaceae (angrek-angrekan), suku Musaceae (pisang-pisangan), dan suku Zingiberaceae (jahe-jahean)
2.2. Dicotyledonae (dikotil)
Mencakup semua tumbuhan berbunga yang memiliki 2 kotiledon (berkeping biji dua). Daun dengan pertulangan menjari atau menyirip. Batangnya berkambium, oleh karena itu mengalami pertumbuhan sekunder. Pembuluh xilem dan floem tersusun melingkar (konsentris). Akar berupa akar tunggang ujung akar lembaga tidak dilindungi selaput pelindung. Jumlah bagian-bagian bunga berkelipatan 2, 4 atau 5.
Tumbuhan dikotil terdiri dari suku Euphorbiaceae (getah-getahan), suku Solanaceae (terung-terungan), suku Papilionaceae (kacang-kacangan), suku Putaceae (jeruk-jerukan) dan suku Myrtaceae (jambu-jambuan).

16 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

16 Responses to Mengenal Kerajaan Tumbuhan (Kingdom Plantae)

  1. keren artikelnya selalu
    dan blue suka ini.u hebar,kawan
    salam hangat dari blue

  2. Jadi seneng sama tumbuhan, dari kingdom-kingdom ini tumbuhan bisa dijabarkan satu per satu..

  3. haduh2 kaya pelajaran sekolah yah… pusing saya bacanya jadi inget jaman sekolah dulu..
    postingannya sangat bermanfaat dan berpelajaran buguru.. hehe

  4. Alam sangat mengasyikkan bila dapat kita kaji dengan mengamati stu persatu. Salam perkenalan dalam kunjungan perdana kami.

    Sukses selalu.

  5. postingan ini sangat bermanfaat ketika seorang siswa sedang melakukan pengamatan terhadap berbagai jenis tumbuhan. sungguh senang dan mengasyikkan apabila kita bisa mengkasifikasikan setiap tumbuhan yang kita temukan.

    • memang mengasikkan pak sawali, apalagi setelah saya berikan konsep dasarnya kemudian saya minta anak2 mengklasifikasikan tumbuhan di sekitar kelasnya, mereka kelihatan enjoy dan antusias.
      Beruntung sperogan mempunyai taman dg tanaman yang beragam.

  6. Wah, Artikelnya keren nih :) ) pas banget buat tugas ipa sekarang..

    Keep Posting bu guru :) )

  7. kusriyani

    Materi udah cukup bagus untuk anak smp, tapi tolong kalo bisa
    materinya di tambah lagi yang lebih lengkap ya.
    makasih

  8. Mufidz

    Bikin Animasi ah Artikelnya :)

  9. From the furnace, torches is normally suitable for overnight
    lighting. 99 each although multiple upgrade choices available.
    If you are undecided about worthwhile Minecraft texture packs to experience, take a look at Painterly, Quandary, and Haunted.
    Infiniminer is often a game the location where the players are miners.
    After a long wait, and lots of hype, to critical acclaim Skyrim was released.
    First of most, there are unofficial pads, that happen to be mods which can be
    accustomed to fix pesky insects. Nicely, many people may require recommended utilizing numerous Minecraft hacks
    to you. This file fetches the file that you might use to arrange the kingcraft machine.
    Many of such important events from the past can be included
    inside well thought-out extensions, that are available to increase the scope from the basic
    game. Creepers are probably the most terrifying
    creatures in Minecraft. You might also get a complimentary version from the game that will give you a sneak
    peek regarding the way the overall game actually operates.
    Locate a mod you like, follow the Creator’s directions, try to, always produce a back-up copy of your minecraft.

    Another tool that also greatly benefits anyone who chooses to perform a server for that multiplayer online game Minecraft
    is Minecraft Bukkit, that’s essentially a server administration program that provides the server administrator control over various facets with the game.
    This model usually remains up-to-date along with the grandeur
    with this game is based on its Beta version. You can visit
    new worlds including The Nether and The End plus various free Minecraft servers online.
    Minecraft may be played out online and offline, the game simulates both day-time and night-time, during the night-time function monsters appear,
    so ensure you may have the safety of an fortress built to be sure you remain shielded.

    1 day most of us determined which it could possibly be awesome if we
    may offer everyone totally free Minecraft computers. Now, lots of people have questioned me how such
    sites are able to give Minecraft accounts away
    cost-free, as well as the answer is easy really – theyre not really.
    But even that companies are in decline, because there are only a lot of
    ways in which you are able to phrase the Meta Model and place it on playing cards.

    To make it, you’ll should make a portal out of obsidian. We have been merely here
    as mid-level to provide beneficial support, equally to players and
    then to each in our sponsors. Your lego character walks around and builds lego type cities.
    Hostile mobs, including large spiders, skeletons as well as the dangerous exploding Creeper
    only draw out in darkened areas like caves or during night time.
    This can be a recurring element throughout Uncharted 2, as the game finds greater than a few solutions
    to surprise you. Wood will be a priority, try to gather 10 items of it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>