Mengapa dan Bagaimana Keringat Terjadi?

Minggu pagi  yang cerah merupakan saat yang pas untuk refreshing menikmati weekend. Hal yang dapat kita lakukan adalah jalan-jalan pagi di taman kota sambil berjemur dibawah sinar matahari pagi, apalagi dengan udara yang bersih karena jalan terbebas dari asap kendaraan (car freeday). Setelah jalan-jalan atau sekedar jogging badan kita akan lebih terasa sehat dan enteng karena berkeringat. Bicara soal keringat,  mengapa ya badan kita selalu berkeringat saat melakukan aktivitas? Bagaimana keringat dapat terjadi? Mengapa pada sebagian orang keringatnya bau? Sebenarnya kalian bisa memperoleh jawabannya di materi sistem ekskresi  pada manusia yaitu pada bab kulit.

Keringat merupakan cara penyeimbang suhu tubuh kita agar selalu dalam suhu normal yaitu 36.8 °C ±0.7 °CPada kondisi cuaca yang panas, tubuh mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh yang panas secara alamiah agar suhu tubuh tetap konstan. Keringat merupakan zat cair yang dapat menguap. Untuk penguapan tersebut membutuhkan panas yang diperoleh  dari kondisi panas tubuh kita. Jadi dengan otomatis, panas tubuh kita terserap dan suhu tubuh dapat menurun dengan adanya penguapan tersebut.

Keringat biasanya muncul saat kondisi tertentu seperti cuaca yang panas, aktivitas fisik yang cukup berat (saat melakukan aktivitas fisik tubuh kita berangsur-angsur panas karena pembakaran energi secara kimia di dalam tubuh) serta kondisi emosional (keringat akan muncul saat kita dalam keadaan stress/mengalami tekanan emosi).

Kulit kita merupakan jaringan tubuh yang sangat berperan dalam proses pembentukan  dan pengeluaran  keringat.  Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut !

Kulit kita terdiri atas lapisan epidermis (lapisan kulit ari/paling luar), dermis (lapisan kulit jangat) dan lapisan hipodermis (lapisan lemak kulit bawah). Pada lapisan dermis kulit kita terdapat kira-kira 2 juta kelenjar keringat yang bertugas memproduksi keringat.  Ada dua jenis kelenjar keringat (Sweat Gland):

  • Kelenjar Ekrin (Eccrine). Kelenjar keringat ini terdapat di seluruh kulit, mulai dari telapak tangan dan telapak kaki sampai ke kulit kepala. Dapat menghasilkan 14 liter keringat dalam waktu 24 jam pada orang dewasa.
  • Kelenjar keringat apokrin (Aprocrine), hanya terdapat di daerah ketiak, puting susu, pusar, daerah kelamin dan daerah sekitar dubur (anogenital). Kelenjar apokrin mulai aktif setelah usia akil baligh dan aktivitas kelenjar ini dipengaruhi oleh hormon.

Mengapa pada sebagian orang keringatnya bau? Bau keringat timbul karena kelenjar apokrin menghasilkan keringat lebih kental karena mengandung lemak, dan berbau khas pada setiap orang. Sel kelenjar ini mudah rusak dan sifatnya alkali sehingga dapat menimbulkan bau. Keringat sebenarnya tidak berbau, tapi ketika ia membusuk maka mulailah diserang bakteri, lalu munculah bau yang khas tersebut.

Meskipun kadang mengeluarkan bau, jangan takut berkeringat ya.. karena keringat merupakan hal penting bagi keseimbangan suhu tubuh. Untuk mengatasi bau keringat, kita cukup menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur, perbanyak mengkonsumsi air, nutrisi dan buah-buahan yang mengandung antioksidan, hindari makan dan minuman yang mengandung kafein, cokelat dan lemak serta perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau berbau wangi seperti kemangi.

38 Comments

Filed under Kelas 9, Materi, Tulisanku

38 Responses to Mengapa dan Bagaimana Keringat Terjadi?

  1. Bagus nih blognya… Semoga bermanfaat untuk yang lain..

  2. Saya sering sekali berkeringat, kadang makan pun sampai berkeringat, apa lagi kalo pedas dan panas disruput teh anget, wah maknyosss… :D
    Kalo misal keluar keringat di telapak tangan, tetapi anggota kulit yang lain tidak berkeringat apakah normal? kadang tiba-tiba telapak tangan sudah basah sendiri oleh keringat tanpa sadar…….

    • wah, normal ga ya??
      Dari beberapa info yang saya dapatkan, ada beberapa faktor penyebab berkeringat berlebihan pd telapak tangan, diantaranya psikis : gelisah, malu, ketegangan; emosi : panik; pengaruh hormonal dan ada jg yg mengaitkan dengan penyakit jantung, yg jelas keringat di telapak tangan bukan gejala khas penyakit jantung, jd masih ada gejala lain yg perlu diperhatikan.

  3. wah, jadi inget anekdot seorang teman, bu suka. konon orang Indonesia itu kalau pas kerja ndak keringetan, tapi habis makan keringetnya brol-brolan, hehe … itu, artinya, enbergi yang dikeluarkan jauh lebih besar ketimbang saat kerja, haks.

  4. wah mantap blognya menjadi tempat belajar IPA secara online …

  5. hoshi

    ngomong2 tentang keringat,,,kenpa kita suruh makan hijau2an yang wangi seperti yang anda bilang seperti kemangi?
    memgnya daun kemangi mengandung apa,koq bisa mengurangi bau badan?
    jika itu betul,,,wahhh secara otomatis perusahaan parfum gulung tikar karena adanaya kemangi itu?hhehhe
    tlong ya di email kan jawabannnya,,
    terimakasihh,,,

  6. kan daun kemanginya bukan utk semprot atau roll on spt produk parfum .. :)
    berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, daun kemangi mengandung antiseptik yang dapat membantu mengurangi bau mulut dan bau badan yang cara kerjanya dari dalam tubuh.

  7. Belajar ipa sambil online, sangat menyenagkan…

  8. Kalo orang yg tinggal di kutub itu sering nerkeringat juga tidak ya? ;)

    • wah, perlu tanya orang eskimo dulu nih Bu Umi HS.. hehehe
      pada dasarnya keringat muncul karena cuaca panas, melakukan aktifitas yg berat atau kondisi emosional, jd org eskimo pasti juga mengeluarkan keringat saat melakukan aktivitas yg berat.. :)

  9. Secara ilmiah seperti ini ya penjelasannya, jadi ngerti sekarang.. maklumlah lama tak baca buku terutama soal dunia sains
    sukses sellau buat sukasains.com dan salam kenal..

  10. Ada yang masih aku bingung soal keringat.
    Bahan-bahan yang ada di dalam keringat itu asalnya dari mana sih? Misalnya ada Urea, Garam, Mineral, juga Lemak.
    Nah, semua itu dari mana ya?
    [Numpang tanya]

  11. aga

    bila menaiki tangga awal nya tidak berkeringat setelah beberapa menit baru berkeringat normal gak ya?

  12. samsul asyari

    bagus sekali Bu blognya , prestasinya luar biasa . belajare neng endi yo

  13. samsul asyari

    kalo di ruang yang berAC badan kita gak berkeringat kenapa ya bu?

    • keringat muncul saat suhu udara luar lebih tinggi daripada suhu didalam tubuh. pada ruangan ber AC, suhu luar lebih rendah daripada suhu di dalam tubuh sehingga kita tidak berkeringat.

  14. mengapa pada saat hari panas banyak mengeluarkn keringat dari pada urine ?

    • Pada cuaca panas keringat dikeluarkan utk menyeimbangkan suhu badan dengan suhu luar yang lebih panas. Dalam cuaca atau lingkungan sekitar yang dingin, tubuh manusia cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal, salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin.

  15. Iqbal Helmi

    saya masih bingung, karena tidak dijelaskan bagai mana cara keluarnya??
    mohon dibalas, trimss… :D

  16. Bu. bagaimana proses pengeluaran keringat? Misalnya, kelenjar ini menyalurkan keringat ke……

    Seperti itu.. Saya mohon penjelasannya

  17. malik

    mengapa orang yang tinggal di daerah panas banyak mengeluarkan keringat sedikit mengeluarkan urine,
    sedangkan di daerah dingin banyak mengeluarkan urine sedikit mengeluarkan keringat?

  18. Donie Ttap Tjah ElecK

    ., bagus blog nya..!!
    semoga blognya tambah banyak yg suka ea..!!

  19. Abadan

    Begini. Saya ini sering melakukan joging. Tapi tidk berkeringat. Tp jika joging ny jauh itu berkeringat walau pun hanya sedikit Itu bagaimana.
    Mohon penjelasan ny?

  20. Keringat biasanya muncul saat kondisi tertentu seperti cuaca yang panas, aktivitas fisik yang cukup berat (saat melakukan aktivitas fisik tubuh kita berangsur-angsur panas karena pembakaran energi secara kimia di dalam tubuh) serta kondisi emosional (keringat akan muncul saat kita dalam keadaan stress/mengalami tekanan emosi).

  21. idris sapurta

    mengapa jika bermain bola di sore hari menggeluarkan keringat ?

    dan pd saat beristirahat bermain bola kerikat makin banyak keluar dari tubuh?

    • keluarnya keringat karena aktivitas yg berat pak, jika saat istirahat makin banyak keluar keringat dari tubuh itu dikarenakan tubuh sedang mengalami proses pendinginan.

  22. sariah

    knapa ya mba klo d telapak tangan khususny d jari saya tdk pernah kluar keringat…soal nya kulit saya kering banget…pada hal udah hindari sabun…
    dan pakai skin pood…bagaimana ya mba cara spya basah…trimakasih sebelum nya

  23. Is Marzuki

    terimakasih…sangat dan amat membantu guru ipa …
    blogging yes!!!!

  24. januardi ramahan

    kenapa ya padahal saya tidak melakukan apa apa dan tidak merasa gerah dan berada di ruangan ber AC kenapa selalu berkeringat di ketiak ya gimana cara ngilanginnya

  25. samuel

    salam semua…. maaf saya mau nanya? kadang saya minum air panas yang banyak sehingga berkeringat…. kata orang kl keringat rasa hambar tidak berassa asin.. itu menandakan kondisi ng fit.. apa itu bener? dan gimana cara mengatasi hal tersebut? terima kasih sebelumnya.

  26. website ini sangat bermanfaat sekali bagi pembacanya , saya mau bookmark saja biar ga susah-susah adik saya , saya rekomendaikan belajar secara online disini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>