Massa Jenis Zat

Tahukah kamu mengapa es yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air posisinya mengapung di permukaan air? Atau mengapa minyak goreng yang dicampur dengan air tidak dapat tercampur rata tetapi minyak goreng berada di atas permukaan air? Semua peristiwa tersebut terjadi karena adanya perbedaan massa jenis zat.

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

Sebuah balok yang terbuat dari bahan kayu berukuran sama dengan balok yang terbuat dari bahan stereofoam mempunyai massa yang berbeda. Balok kayu mempunyai massa yang lebih besar dibandingkan dengan massa balok stereofoam  meskipun mempunyai volume yang sama (Ingat bahwa ukuran balok kayu dan balok stereoform sama). Dengan demikian massa jenis balok kayu lebih besar daripada massa jenis balok stereofoam.

Apakah massa jenis zat itu? Massa jenis benda sering disebut dengan kerapatan benda dan merupakan ciri khas setiap jenis benda. Massa jenis tidak tergantung pada jumlah benda. Benda dengan jenis yang sama akan memiliki massa jenis yang sama. Massa jenis benda mempunyai nilai yang tetap. Misalnya setetes air dan seember air mempunyai nilai massa jenis sama yaitu 1 gram/cm³. Benda yang memiliki nilai massa jenis besar dikarenakan atom-atom dalam susunan molekulnya memiliki kerapatan yang besar, misalnya logam. Gabus atau sterofoam mempunyai massa jenis kecil karena susunan atom-atom dalam molekulnya memiliki kerapatan kecil.

Massa jenis dilambangkan dengan ? (rho) merupakan perbandingan antara massa benda dengan volume benda.

Keterangan :

? = massa jenis benda (kg/m³)

m = massa benda (kg)

v = volume benda (m3)

Mengapa mengetahui massa jenis itu penting?

Banyak penerapan teknologi modern yang menggunakan prinsip massa jenis zat seperti penggunaan bahan aluminium sebagai bahan pembuat badan pesawat terbang karena aluminium bersifat kuat dan memiliki massa jenis yang kecil sehingga ringan tidak seperti logam yang lain.

Contoh soal :

Sebuah benda mempunyai massa 16 gram dengan volume 40 cm³. Berapakah massa jenis benda tersebut dalam satuan Internasional?

Pembahasan :

Diketahui :

m = 16 gr

v = 40 cm³

Ditanya : ? = … ?

Jawab :

 

 = 0,4 gr/ cm³

Ingat bahwa 1 gr/cm³= 1.000 kg/m³

= 0,4 x 1.000 kg/m³

= 400 kg/m³

Untuk latihan soal tentang massa jenis zat akan dibahas pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat.

4 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

4 Responses to Massa Jenis Zat

  1. Ternyata mengetahui tentang massa jenis benda sangat penting terutama dalam memilih material2 untuk bahan pesawat
    nice share mbak

  2. maya

    belum ada pemecahan masalah bagaimana 1 gr/cm3 menjadi 1000 kg/m3,

  3. Joko Sm

    gram dijadikan kg, dan cm3 dijadikan m3, maka :
    1 g/cm3 = 0,001 kg / 0,000001 m3 = 1.000 kg/m3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>