Klasifikasi Mahluk Hidup

Seperti kita ketahui, mahluk hidup di dunia ini banyak sekali ragam jenisnya. Perhatikan saja jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di sekitar kita. Banyak sekali bukan? Nah, bagaimana kita dapat mempelajari mahluk hidup di sekitar kita? Tentunya akan sulit jika mahluk hidup yang beragam jenis tersebut tidak dikelompokkan. Itulah sebabnya  seorang ahli botani berkebangsaan Swedia yang dikenal dengan Carolus Linnaeus (1707-1778) melakukan klasifikasi mahluk hidup.

Klasifikasi mahluk hidup adalah pengelompokan mahluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimilikinya. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi mahluk hidup disebut dengan Taksonomi.

Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah:

  • mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki
  • mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
  • mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup
  • memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

Berdasarkan tujuan tersebut, sistem klasifikasi makhluk hidup memiliki manfaat seperti berikut.

  • Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.
  • Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Tahapan dalam klasifikasi mahluk hidup yang dilakukan oleh Linnaeus adalah sebagai berikut :

  1. Pencandraan atau identifikasi, yaitu proses mengidentifikasi atau mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup yang akan diklasifikasi.
  2. Pengelompokan, yaitu mengelompokkan mahluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.  Mahluk hidup yang mempunyai ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam satu kelompok yang sama yang disebut dengan takson.
  3. Pemberian nama takson. Mahluk hidup yang telah dikelompokkan tadi, selanjutnya diberi nama untuk mempermudah kita mengenal ciri-ciri suatu kelompok mahluk hidup tertentu.

Linnaeus memperkenalkan  hierarkki (tingkat) takson untuk mengelompokkan makhluk hidup. Hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah :

  • Kingdom (kerajaan)
  • Phylum (Filum) untuk hewan, atau Divisio (Divisi) untuk tumbuhan
  • Classis (Kelas)
  • Ordo (Bangsa)
  • Familia(Keluarga/Suku)
  • Genus (Marga)
  • Spesies (Jenis)

Keterangan :

- Dari spesies menuju kingdom, takson semakin tinggi
- Semakin tinggi takson, jumlah organisme (makhluk hidup) semakin banyak
- Semakin tinggi takson, persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
- Semakin tinggi takson, perbedaan antar makhluk hidup semakin banyak

- Dari kingdom menuju spesies, takson semakin rendah
- Semakin rendah takson, jumlah organisme (makhluk hidup) semakin sedikit
- Semakin rendah takson, persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
- Semakin rendah takson, perbedaan antar makhluk hidup semakin sedikit

Contoh klasifikasi tumbuhan Jeruk bali.

Gambar

Takson

Tumbuhan

 

Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Sapindales
Familia Rutaceae
Genus Citrus
Spesies Citrus grandis

48 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

48 Responses to Klasifikasi Mahluk Hidup

  1. terima kasih Bu diingatkan kembali

  2. rinci bener ngupas tentang makhluk hidup..
    btw bu ada tulisan yang kurang enak dibaca deh.. “seorang seorang ahli”.. coba dicek..
    saran mengenai plugin spam..
    pke http://wordpress.org/extend/plugins/growmap-anti-spambot-plugin/ saja krn lebih user friendly..

  3. Trimakasih jeng disegarkan ulang, taksonomi sangat membantu, namun tidak banyak yang menekuninya ya, salam sains

  4. Salam kenal ibu guru ..

  5. selalu ada sesuatu yg snagat baik buat kita semua ketahui dari penulisanmu,kawan
    trims tuk berbagi info
    salam hangat dari blue

  6. mahluk hidup adalah mahluk yang bisa tumbuh besar :D

  7. wah, yang kingdom sudah dibahas secara detil dan rinci. ternyata masih ada klasifikasi Phylum (Filum) untuk hewan, atau Divisio (Divisi) untuk tumbuhan, Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), Familia(Keluarga/Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis). Hmm … pasti akan menjadi postingan yang menarik dan sangat bermanfaat.

    • Terima kasih atas supportnya pak Sawali. Kebetulan materi klasifikasi mahluk hidup sangat banyak. Saya sedang mencari formula yang paling tepat agar anak dapat belajar dengan mudah.

  8. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

  9. makasih mas sudah share ini yang saya cari cari

  10. makasih ya mas membantu sekali dalam mengerjakan tugas

  11. Fadhil

    contohny di tambahin dong!!

  12. bagus

    bu klo spesies jeruk bali adalah grandis

    • Mas Bagus, sesuai binomial nomenklatur, nama ilmiah ditulis dengan dua kata.
      kata yg pertama menujukkan genus, kata yang kedua menunjukkan jenis/spesifikasinya itulah mengapa jeruk bali spesiesnya ditulis Citrus grandis, karena jeruk bali termasuk dalam genus Citrus atau jeruk-jerukan, sedangkan grandis menunjukkan jenis/spesifikasinya.

      Salam hangat
      Sukasains.

  13. Whaaww …..

    . Saya suka bamget ini, bagus dan lumayan lengkap !!

    . KebetuLan saya juga sambil nyarii buat PR BIOLOGI Saya tentang KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP …..
    . Dan akhirnya PR Saya selesai !!

  14. nando

    ye PRku selesai

  15. bagi saya mahluk hidup adalah sesuatu yg hidup seperti manusia,hewan,tumbuhan.sebagai mahluk hidup kita harus hidup seperti manusia lainnnya seperti bekerja,bermain,tidur,dll itulah pendapat saya terima kasih dan sampai jumpa

  16. bagi saya mahluk hidup adalah sebuah benda yg dapat beraktifitas tanpa memakai alat apa pun. sebenarnya mahluk hidup disebut sebagai homo spesialistmen. karena ia dapat melakukan sesuatu dengan alat tubuhnya sendiri maka dari itu kita harus bertindak sebagai manusia yg homo spesiallistmen.itulah pendapat saya terima kasih dan sampai jumpa

  17. grenda ayu

    maaf klau mungkin saya yang kurang teliti dalam memahaminya.
    bukannya: semakin rendah takson,perbedaan antar makhluk hidup semakin sedikit.tapi disini ditulis sebaliknya.

  18. pembahasan yang lengkap dan detail menambang wacana dan pengetahuan, mantap

  19. jewel chuby

    makasi ya atas informasi nya …………………

  20. aulia

    terimah kasih telah memberi ilmu yang bermanfaat… :)

  21. aulia

    maaf,smpyn ini guru ???

  22. lusinda vidiya putri

    cuma dikit yaa pengetahuan.a.. :( tapi gpp sihh, cukup menarik n cpet nyantol di otk.. thanks yaa..

  23. dhiya salsabila

    makasih yya ,,,, jd lbh bnyk tau nih tntg klasifikasi MH!! ;)

  24. Rizky Nanda Son Chicko

    Kurang lengkap bro halaman nya…..
    :)

  25. lucki

    mana contoh taksonomi hewan nya??

  26. *secret*

    bu, bisa gak ibu berikan contoh klasifikasi hewan? Karena kalau hanya tumbuhan, taksonnya kan berbeda dengan takson hewan.. tolong ditambahkan ya bu..

  27. Tp yang sy pelajari kok ada yg beda?? waktu sampai bab Kingdom Animalia dan plantae itu yg dibawah divisio dan filum itu sama..,,,.., itu yang betul gimana?

  28. Thanks you.. I so understanding..,,., You are clever,smart. :) Thanks you very much

  29. Makasih bu guru…. buat nambah pengetahuan… thankyu….

  30. ahmad fitriadi

    klo smua guru n dosen kyak gni asik jd nya ga melulu buku yang d bca, maksh bu guru

  31. kenapa kingdomnya gak dibahas sih…
    harusnya dibahas biar bisa lengkap

  32. ria anandra

    mau tanya..
    mengapa setiap spesies msuk chlorophyceae akan tetapi masing” spesies menempati ordo yang brbeda”..
    tolong jwban’nya ya bu…

  33. Nathalia

    wew keren makasih atas infonya ya langsung aku copy paste lho keren banget

  34. Fitri nurlindasari

    ibu? bagaimana cara kita tau kalau suatu kelompok hewan itu adalah satu genus atau satu famili dan tingkat takson lain nya, dilihat dari ciri yang seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>