Belajar Menjadi Ilmuwan (2)

sumber : inioke.com

Setelah membaca artikel Belajar Menjadi Ilmuwan (1) yang saya tuliskan beberapa waktu lalu, apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang ilmuwan? Jika iya, maka artikel saya ini masih membahas tentang cara menjadi seorang ilmuwan.  Kalau Belajar Menjadi Ilmuwan (1) membahas tentang karakter yang harus dimiliki seorang ilmuwan, seri ke dua ini akan membahas tentang metode ilmiah yang harus dikuasai oleh seorang ilmuwan. Oke, langsung saja kita bahas yuk!!

Apa itu metode ilmiah? Metode ilmiah adalah suatu cara untuk memecahkan masalah ilmiah dengan langkah-langkah tertentu dan teratur. Adapun langkah-langkah metode ilmiah adalah sebagai berikut :

1. Merumuskan Masalah

Apakah masalah itu? Masalah adalah keadaan dimana terdapat kesenjangan antara hal yang bersifat positif (kejadian/fenomena) dengan kondisi yang bersifat ideal (teori). Perumusan masalah merupakan langkah awal dalam metode ilmiah. Perumusan masalah yang baik dinyatakan dengan kalimat terbuka yang membutuhkan jawaban berupa pernyataan, bukan jawaban ya atau tidak.

Bagaimana memilih masalah yang baik?  Pilihlah masalah yang penting dan menarik untuk diteliti, dapat dipecahkan secara eksperimen, dan yang tidak kalah penting adalah sesuai dengan kualifikasi peneliti.

Bagaimana cara menemukan masalah? Perhatikan alam sekeliling kita dan gunakan kepekaan perasaan kita untuk menemukan masalah, perhatikan kebiasaan orang di sekitar kita, bergabung dalam diskusi ilmiah  dan gemarlah membaca. Cara itu dapat membantu kita untuk menemukan masalah penelitian.

2. Mengumpulkan Data

Pengumpulan data bertujuan untuk memberikan informasi dasar sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui studi referensi (jurnal, karya ilmiah, buku, majalah, internet, dan lain-lain), mengumpulkan informasi dari para ahli, serta melakukan  eksplorasi lain yang berkaitan dengan masalah.

3. Menyusun Hipotesis

Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara dari rumusan masalah yang telah ditentukan sebelum penelitian sebenarnya dilakukan.

4. Melakukan Eksperimen/Percobaan

Eksperimen dirancang dan dilakukan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Sebelum melaksanakan eksperimen, susunlah langkah-langkah eksperimen dengan jelas mulai dari penentuan alat dan bahan serta urutan kegiatan percobaan yang akan dilakukan.

Perhitungkan semua variabel, yaitu semua yang berpengaruh pada eksperimen. Ada tiga jenis variabel yang perlu diperhatikan pada eksperimen: variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol. Varibel bebas merupakan variabel yang dapat diubah secara bebas. Variabel terikat adalah variabel yang diteliti, yang perubahannya bergantung pada variabel bebas. Variabel kontrol adalah variabel yang selama eksperimen dipertahankan tetap.

Lakukan pencatatan data hasil pengamatan selama eksperimen berlangsung dengan tertib, jujur dan obyektif.

5. Menarik Kesimpulan

Kesimpulan merupakan ringkasan akhir dari hasil penelitian berdasarkan data-data yang dikumpulkan selama melaksanakan eksperimen/percobaan dan dirumuskan  dalam bentuk pernyataan yang menunjukkan bagaimana hasil eksperimen dengan hipotesis. Akan lebih baik lagi kalau kesimpulan diakhiri dengan memberikan pemikiran untuk penelitian lebih lanjut.

Jika hasil ekperimen tidak sesuai dengan hipotesis, carilah alasan atau penyebab mengapa tidak sesuai, jangan mengubah hipotesis atau mengabaikan data-data percobaan.

6. Menguji Kesimpulan dengan Mengulang Eksperimen.

 Mengulang eksperimen bertujuan untuk menguji hasil penelitian. Mengulang eksperimen sangat penting terutama jika kesimpulan berbeda dengan hipotesis.

Nah, itu merupakan langkah-langkah metode ilmiah yang harus dikuasai oleh seorang ilmuwan.  Bagaimana, tertarik ingin mencobanya?

24 Comments

Filed under Kelas 7, Materi

24 Responses to Belajar Menjadi Ilmuwan (2)

  1. sepertinya anak2 memang perlu diperkenalkan tentang metode ilmiah seperti ini, bu suka, sehingga mereka memiliki tradisi ilmiah yang baik. meskipun bukan hal yang mudah, jika dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang, anak2 juga akan terangsang motivasinya utk menjadi ilmuwan.

    • Betul pak Sawali, saya mengenalkan dan meminta anak melakukan langkah2 yang ada pada metode ilmiah di kelas utk siswa kelas 7, dan mereka pun ternyata sangat antusias. Artinya sebenarnya anak2 memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, hanya saja kadang guru kurang memperhatikannya.

  2. Artikel yang bagus. Metode ilmiah dalam metode ilmiah memang harus benar2 diterapkan untuk menjadi ilmuwan sejati. Semoga sukses

  3. Apresiasi yang tinggi Jeng, bila metode dijadikan kebiasaan akan melekat dan membentuk pola pikir kritis. Salam pendidik

  4. berat juga ya syaratnya bu hehe

  5. Maaf bu komentarnya ga nyambung :)

    Sebagai apresiasi saya terhadap blog sukasains, ada award buat ibu.
    Silahkan diambil ya :)
    Salam.

  6. Tulisan yang menarik, juga blog yang sangat spesifik, yang bermanfaat bagi ana-anak yang mencari referensi untuk tugas sekolahnya, serta mendorong anak-anak untuk berpikir nantinya mau kemana.

  7. OL

    Metode Ilmiah adalah sebuah rumusan yang sangat penting disampaikan sejak sedini anak didik kita Bu, supaya dalam pikiran mereka sudah tertanam alur pemikiran yang terstruktur sehingga akan terbiasa dalam mengambil keputusan yang terbaik.

  8. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

  9. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  10. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  11. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

  12. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

  13. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

  14. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

  15. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

  16. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>