Soal dan Pembahasan : Getaran dan Gelombang

IPA Fisika Kelas 8 Semester 2

Soal 1

Perhatikan grafik simpangan gelombang terhadap waktu pada gambar di atas! Jika jarak AB = 250 cm, tentukan cepat rambat gelombang tersebut!

sumber soal : Modifikasi Soal UN SMP Tahun 2010/2011

Pembahasan :

Pada gambar di atas terdapat 1 ¼ gelombang (satu gelombang terdiri atas satu bukit dan satu lembah) dengan panjang 250 cm (jarak AB). Untuk menentukan cepat rambat  gelombang (v) harus ditentukan terlebih dahulu panjang gelombang (?), serta frekuensi (f) atau periode gelombangnya (T).

  • Panjang satu  gelombang (?) adalah jarak yang ditempuh gelombang tiap satu periode.

  • Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang terjadi tiap satuan waktu (satu detik). Perhatikan gambar, untuk membentuk satu gelombang ditempuh dalam waktu 2 sekon.  Sehingga frekuensi gelombangnya adalah :

  • Periode gelombang adalah waktu yang diperlukan untuk terjadinya satu gelombang. Pada gambar, untuk membentuk satu gelombang diperlukan waktu 2 sekon, sehingga periode gelombang :

  • Untuk menentukan cepat rambat gelombang dapat menggunakan rumus :

atau

image001

 

Soal 2

Getaran gempa merambat dengan kecepatan 75 km/s dengan frekuensi 30 Hz. Tentukan panjang gelombang getaran gempa tersebut!

sumber soal : Ulangan Harian IPA  Fisika Kelas 8  SMP 2 Pegandon.

Pembahasan :

Soal 3

Sebuah slinki yang diberi usikan membentuk gelombang longitudinal dengan laju 1 m/sekon. Jika dalam waktu 6 sekon terbentuk tiga rapatan dan tiga regangan, tentukan :

a. Periode

b. Panjang gelombang

c. Frekuensi

sumber soal : Ulangan Harian IPA  Fisika Kelas 8  SMP 2 Pegandon.

Pembahasan :

Pada gambar terlihat ada 3 buah gelombang (1 gelombang = 1 rapatan dan 1 regangan) dengan v = 1 m/s.

a. Periode

b. Panjang gelombang

c. Frekuensi

59 Comments

Filed under Pembahasan Soal

59 Responses to Soal dan Pembahasan : Getaran dan Gelombang

  1. Imoet

    Sangat bermanfaat bu…
    Ditunggu soal-pembahasan yang lain.. :)

  2. Maaf agak bingung (sungguh saya orang bingungan) pada soal nomor satu, jumlah gelombang pada lamda 1,25, tapi pada f dan T kok menjadi 1? apa tidak sebaiknya:
    1. jumlah gelombang tetap 1,25 tapi waktu tempuhnya 2,5 sekon, atau
    2. dengan pengertian, periode adalah waktu yang ditempuh satu gelombang,, yaitu satu bukit dan satu lembah = 2 sekon, maka f = 1/T.

    • betul pak, terima kasih atas koreksinya. sebenarnya dengan melihat gambar, kita bisa tahu kalau waktu tempuh satu gelombang 2 sekon. jadi maksud saya di situ adalah panjang satu gelombang dan waktu tempuh satu gelombang.
      mungkin biar tidak membingungkan akan saya beri narasi di atasnya.
      sekali lagi, terima kasih koreksinya.. :)

    • wah, semoga jadi bahan diskusi menarik antarsesama guru IPA. tapi ingat loh, kalau di jalan raya sesama bus kota dilarang saling mendahului, haks.

      • Tidak saling mendahului pak, lebih tepatnya saling mengingatkan.. dan itu sangat bermanfaat..
        Untung mengingatkannya dengan bahasa yang enak dan nyaman di hati.. kalau tidak pasti akan terjadi saling mendahului… kalau sudah begitu, kasihan para penumpang… hehehe

  3. sri kundri a

    … belajar langsung dengan teknik soal pembahasan memang lebih cepat dimengerti ketimbang uraian panjang yg tidak focus. sukses bu, semoga sistem belajar online ini jg disukai anak-anak.

  4. bu, saya sedang mencoba memasang konten SOAL ONLINE di web sekolah, kalau ibu berkenan bisa registrasi dan membuat soal di sana, nanti siswa ibu bisa latihan secara online dan hanya siswa yang ibu beri password yang bisa mengerjakan. di sini bu tempat membuat soalnya sambil minta masukannya kalau ada yang kurang pas

  5. Bolehkan minta logika gimana daerah pegunungan suasanya lebih dingin dari pada di daerah pantai…padahal kalau dilihat dari kacamata orang awam seperti saya, jarak matahari ke bumi lebih dekat daerah pegunungan dari pada daerah pesisir. apa ada kaitannya dengan penguapan….trima kasih..maaf tidak sesuai topik…hehehehe

  6. waah… blog guru…
    semangat yaaa.. :D

  7. selamat ya bu…sukses selalu..
    tinggal MPI di LPMP yang belum…
    saya tahun ini konsen di kuliah…

  8. terima kasih, sangat membantu.

  9. pengertian jarak satu periode apaan sih

    mohon dunk kasih tau

    Thanks.,.,.,,… :)

  10. samosirrrr

    mmmm rumusnya frekuensi itu sama aja dengan f=N/t bkn bu or pak guru??????? haahaa mksh bu /pak guru

  11. argo

    termakasiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh atas soalnya pak buat belajar mid besok

  12. Sungguh saya sangat bingung dengan soal no.3

  13. yoshiko

    makasih bu sama pembelajarannya
    walaupun saya masih agak bingung………

  14. Multitalenta…luar biasa bu Suka ini…

  15. sari

    kalau diket : kereta api cepat bergerak dengan kelajuan 72km/jam menuju stasiun dengan membunyikan sirene. bunyi tersebut terdengar petugas di stasiun dengan frekuensi 850 Hz. berapa kah kecepatan bunyi di udara 340 m/s !!!
    gimana pembahasannya….

  16. orangkece

    pembahasan ini sungguh jelas dan gampang dimengerti terima kasih.

  17. trims, kalau boleh kasih saran lengkapi dengan pembahasan soal-soal OSN IPA SMP yang masuk kategori “sangat sulit” , pasti lebih meriah hey mbakyu!

  18. setan

    Soal gini aja terlalu dibesar2kan

  19. bu kok bisa 1,25@no.1? bagaimana bu caranya? aku pengen tahu? dan aku belomb mengertii. mohon penjelasannya ya bu…….. thx……

    • pada gelombang transversal, 1 gelombang terdiri atas 1 bukit dan 1 lembah. Pada soal terdapat 1 bukit, 1 lembah dan 1/2 bukit, dengan demikian jumlah gelombangnya :
      = 1 gelombang + 1/4 gelombang
      = 1 1/4 gelombang
      = 1,25 gelombang.

  20. Joko Sm

    Saya baru membuka ini. Untuk pembahasan soal no. 1. Seperti pada pembahasan soal latihan UN 2013. Lebih mudah dan sangat sederhana, menggunakan KONSEP KECEPATAN. KECEPATAN = JARAK TERENTU / WAKTU TERTETU. dalam hal ini jarak AB / waktu AB = 250 cm / 2,5 s = 100 m/s. AYO Tingkatkan PEMAHAMAN KONSEPNYA, aemua akan menjadi lebih mudah. SALUT ATAS SEMANGATNYA BERUSAHA DAN BERBAGI.

  21. Joko Sm

    Ikut campur soal no. 3, semoga tidak tambah ruwet.
    1) Dalam soal tidak perlu lagi ditulis 3 gelombang dan 6 sekon, karena sudah ada dalam gambar. Jika ditulis gambar tidak ada fungsinya.
    2) PENDEKATAN KONSEP, MENGURANGI PENGGUNAAN RUMUS, PERIODE = waktu sekali membentu satu gelombang. Pada gambar ada 3 gelombang waktunya 6 sekon. Maka waktu untuk membentuk 1 gelombang = 6 / 3 = 2 sekon (Periode = 2 sekon)
    3) Diketahui dalam soal laju (besarnya kecepatan) gelombang = 1 m/s. Artinya dalam 1 sekon menempuh jarak 1 meter. karena dalam gambar waktunya 6 sekon, maka panajang seluruhnya (3 gelombang tersebut) = 6 meter. Jadi panjang setiap gelombangnya (PANJANG GELOMBANG) = 6m / 3 = 2 meter.
    4) FREKUENSI = Jumlah gelombang dalam waktu satu sekon. Dalam waktu 6 sekon terbentuk 3 gelombang. Maka dalam waktu 1 sekon jumlah gelombangnya = 3 gelombang / 6 sekon = 0,5 gel/sekon = 0,5 Hz.
    SEMOGA BERMANFAAT. Saya tunggu komentar teman-teman.

    • terima kasih atas silaturahmi dan komentarnya pak.
      kalau jawaban ditulis seperti itu menurut saya uraiannya malah jd terlalu panjang pak, mgkn konsep seperti itu akan mudah untuk menjawab soal pilihan ganda yg tidak perlu membutuhkan penjelasan alur pencarian hasil dari soal.
      Atau mungkin ilmu saya yang terlalu sempit ya? hehe

  22. Joko Sm

    Terima kasih komentarnya. Oh…. ilmunya tidak terlalu sempit, sudut pandang yang beda aja.
    Tulisan saya itu bermaksud MENJELASKAN mereka yang masih kurang paham dengan rumus2 gitu. Atau penjelasan lisan kepada siswa. Karena ada siswa yang sulit memahami makna rumus fisika, sehingga perlu penjelasan narasi seperti itu. Kalau memang sudah paham atau ada komunikasi sebelumnya YA LANGSUNG AJA seperti ibu, gitu maksud saya bu.
    Misalnya :
    SOAL NO. 1) v = s/t = 250 cm /2,5 = 100 cm/s
    SOAL NO. 3) a) T = t/n = 6 s / 3 = 2 s
    b) Pj gel = (v x t) / 3 = (1 m/s x 6 s) / 3 = 2m
    (tidak tergantung dari jawaban a)
    c) f = n/t = 3 / 6s = 0,5 Hz (tdk tergantung jawaban
    sebelumnya)
    ASYIK …. YA …..FISIKA MEMANG ASYIK…! (minimal tambah wawasan). Gimana dengan 6M?

  23. orang

    bu/pak guru saya mau nanya don, kalau soal gelombang longitudinal sama gelombanga tranversal emang ngitung f nya beda ya?

  24. Joko Sm

    Menghitung f atau lainnya caranya sama. Pilihlah menurut kamu cara yang mudah saat ini. Sambil belajar cara yang lain. Siapa tahu yang dianggap mudah saat ini ternyata ada yang lebih mudah lagi cara lainnya. Saya menekankan pemahaman konsep, tidak sekedar rumusnya, agar lebih bermakna.

  25. mbagasaldenli

    seep nie buat para pljar sperti kmi nie bu

  26. dwi

    agax binqung yaaaaaaaaaaa

  27. waw….good bangett yang buat soal……….
    lumayan latihan untuk ulangan besok
    terimaaaaa kaaaassiih

  28. Syifa AR

    Bu, saya mw tanya: benda A bergetar selama 30 s menghasilkan 60 getaran. benda B bergetar selama 45 s menghasilkan 150 getaran. perbandingan frekuensi A dan B adalah
    a. 2:3
    b. 3:5
    tolong dijawb, Bu. soalnya saya dapetnya yg (a), tp guruku jawabnya (b). pdhl sdh berkali2 saya coba tetep yg (a)

    • Frekuensi getaran adalah jumlah getaran tiap satu satuan waktu (sekon) atau f = n/t
      f A : f B
      60/30s : 150/45s
      2 Hz : 10/3 Hz
      6 : 10 disederhanakan menjadi 3 : 5
      atau
      f A : f B
      60/30s : 150/45s
      (60 x 45s) : (150 x 30s)
      2700s : 4500s
      ubah menjadi bentuk sederhana dengan cara masing-masing dibagi 900 menjadi 3 : 5

  29. .,,.,.,.,ahaayyyyaaacchhhh gaisshhhhh

    nyenengin bangetzzst niych betah gc tdur smaleman..,,.,hayezzsstt

  30. Anissa Aminni

    Bu maaf saya kurang mengerti kan saya ulangan fisika tentang gelombang soalnya ini V = 20 m/s, jumlah gelombang = 2,25, panjang seluruh gelombang = 18 cm.
    Ditanya :
    -Panjang gelombang
    -Frekuensi gelombang
    -Periode gelombang
    -Cepat rambat gelombang

    mohon maaf saya ingin tau jawaban yang bener kaya gimana ya bu ?
    Terima kasih

  31. benny manurung

    a. sebuah slinki terdiri dari 7 rapatan dan 6 regangan. Maka jumlah gelombang yang terjadi pada gelombang tersebut adalah …….. gelombang.

  32. maaf bu/pak guru…
    hmm itu jawaban yang nomor 1, kan:
    v = lamda / t = 200 cm / 2 sekon = 200 cm / sekon. kenapa bisa 200 cm / sekon ya pak/bu?
    bukannya seharusnya menjadi:100 cm/sekon? kan kalau 200 / 2 hasilnya menjadi 100? mohon dibalas secepatnya ya

  33. fajar smp cendekia sidoarjo

    terima kasih atas ilmu nya ,tetapi lain kali ilmu nya yang agaka susah dikit ya!!!!!!!!!!!!!

  34. Rcsh Cesi

    bu, saya msh bingung soalnx baru kli ini saya blajar fisika soalnx saya msh mw naik ke kls 7…………….

  35. Dapat dipahami…I got it…Thanks Ibu Sukajiah

  36. dapat 2 sekon di soal no 1 dari mana?

  37. Rizqi Muflikhah

    mkasih buat contoh soalnya ^_^

  38. nice share :)
    ditunggu kunjungan baliknya
    http://rochmany.blogspot.com

    BBR

  39. indah mustika dewi

    mantap,,,…sangat bermanfaat sekali,,…

  40. audynanda

    hmmm mana gambar nya???????
    tpii rumusnya sngatt mmbantu saya utk memahami materi ini walaupun ada yg blm saya mngerti

    thank you very much…..:-)
    A.B.C.D (Anak Bontang Cinta Damaii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>